gravatar

Cerpen : Tidak Seperti yg Terlihat . . .

ada dua malaikat yang sedang berkelana. Mereka singgah di rumah sebuah keluarga yang kaya raya dan menginap disitu. Keluarga itu sangat kasar dan tidak mengijinkannya, Malaikat Tersebut di tempatkan pada sebuah kamar berukuran kecil yg ada di basement


Ketika Malaikat itu Hendak Tidur, malaikat yang lebih tua melihat dinding basement itu retak, , kemudian malaikat itu hendak memperbaikinya sehinnga retak pada dinding lenyap.Melihat itu, malaikat yang lebih muda bertanya :
"mengapa kau melakukan itu",malaikat yg lebih tua menjawab: “Sesuatu tidak Selalu Kelihatan Sebagaimana adanya” .
. . .


Malam berikutnya kedua malaikat itu singgah di rumah petani dan istrinya yang miskin. petani dan istrinya sangat ramah. Bukan hanya berbagi makanan, petani dan istrinya mempersilakan kedua malaikat untuk tidur di atas tempat tidur mereka,


Ketika matahari Terbit keesokan paginya, kedua malaikat itu bangun dan mendapatkan sumai istri petani itu menangis tersedu-sedu. Sapi milik mereka satu-satunya, yang selama ini menjadi sumber penghasilan keluarga itu, mereka temukan terbaring mati di ladang pagi itu.


Melihat kejadian memilukan itu, hati malaikat muda dipenuhi geram dan kemarahan, dan ia bertanya kepada malaikat tua :
“Bagaimana bisa kamu membiarkan semua ini terjadi?
Keluarga pertama itu begitu kaya raya dan memiliki segalanya, tetapi kamu tetap menolong mereka,,
Keluarga kedua hanya memiliki sedikit, tetapi mereka dengan senang hati mau berbagi semua milik mereka dengan kita, dan kamu malah membiarkan sapi mereka mati!”


malaikat tua menjawab.. :
“Ketika kita menginap di kamar kecil Basement milik orang kaya itu, aku melihat ada emas tersimpan di balik retakan di dinding itu. Karena si pemilik adalah orang yang amat serakah dan tidak mau berbagi hartanya yang berlimpah itu, aku memperbaiki retakan di dinding itu agar ia tidak melihatnya.”


“Lalu tadi malam, ketika kita tidur di ranjang petani itu, aku melihat malaikat kematian datang hendak mengambil nyawa si istri petani. Aku menukarnya dengan sapi mereka. “Sesuatu tidak Selalu Kelihatan Sebagaimana adanya”


* * * * *






Sumber  :  Catatan Harist Rasa Vanila on Facebook

Terjemahkan..?

Artikel Terpopuler

Kunjungan Negara

Free counters!